adelia

di ulang tahunmu ini, kamu sudah bisa memilih mana yang kamu suka mana yang kamu benci. kamu yang menentukan baju apa yang mesti dipakai ketika kita pergi bersama. kamu bilang baju kamu sudah banyak yang kecil dan ga muat lagi. saya sedih mendengarnya. emang sih udah sekian lama saya ngga beliin kamu baju. terakhir di lebaran kemarin. abis kamu mintanya selalu sepatu, sepatu dan sendal kalau di tawarin. seperti minggu kemaren kita pergi ke fo malah kamu minta boneka beruang yang besar. yah saya ngga bisa menolaknya. akibatnya dana untuk beli baju kamu beralih ke beruang.

sangat jarang sekali ayah bercerita menemani tidurmu. emang sih kamu bisa baca sendiri buku cerita yang kita beli di toko buku. namun rasanya ngga adil membiarkan kamu tidur tanpa ayah memberikan cerita sebelum kau pejamkan matamu. semua ini berubah akibat kepindahan tugas di ibukota. seminggu sekali di sabtu dan minggu saja kita bisa bertemu. maafkan ayah yang ngga bisa memperhatikan kamu secara penuh dalam seminggu. mungkin suatu saat nanti kamu akan mengerti tentang pekerjaan ayah yang satu ini. namun demikian ayah berjanji di setiap kumpul akan berusaha memberikan cerita-cerita terbaik di benakmu. memelukmu. menciummu. dan selalu menyayangimu.

adel, kamu tidak perlu takut denganku. kau bebas menentukan segala arah hidupmu. saya sekedar hanya membimbing jika kamu membutuhkan. alam hidupmu akan sangat berbeda dengan yang saya jalani. banyak orang bilang tantangan hidup ini akan lebih berat di masa datang. walau menurutku sih semuanya akan tergantung dari setiap manusia. mau bekerja keras atau tidak. mau memanfaatkan peluang atau tidak. mau berjalan atau tidak. mau membuka mata atau sebaliknya. hanya orang-orang terbaiklah yang akan survive. hukum alam akan tetap berlaku. mesti ada yang tereliminasi dalam sepenggal perjalananmu.

anakku bacalah dunia ini dengan segenap kemampuanmu. hanya orang dengan kualitas no 1 saja yang akan menguasai dunia ini. anakku kalau kamu hidup di indonesia segala kesuksesan terbentang di hadapanmu. orang indonesia notabene malas, lebih banyak hidup berfoya-foya tidak pandang dia miskin atau dia kaya. mereka cenderung boros. orang indonesia cenderung memilih keperluan hidup bukan berdasarkan kebutuhan tetapi berdasarkan keinginan. anakku bacalah ini. anakku warga negeri ini lebih cenderung memilih jadi pekerja. mereka sangat malas untuk menantang risiko.

anakku kamu ngga perlu bertitel s1, s2, s3 untuk mencapai kesuksesan di indonesia. banyak orang di negeri ini berlomba meraih gelar untuk disandingkan pada deretan namanya. tanpa mempedulikan bagaimana itu diperoleh. banyak dari mereka yang menyandang gelar diraih tanpa sekolah, atau sekolah cuma sehari dalam seminggu atau bahkan mereka tidak tahu dimana letak sekolah atau kampusnya. mereka mengeluarkan uang tentu. tentu saja. berjuang memperoleh sertifikat. jangan kamu ikuti yang seperti ini anakku, karena yang seperti ini kemudian hari akan tergilas. orang yang akan berada pada kasta paling rendah di zamanmu.

kamu belajar dengan tekun apa yang mesti kamu pengen ketahui. sampai kau bener-bener ahli dibidangnya. anakku, tetap saja aku memberi saran padamu. kuatlah dalam bahasa inggrismu sebagai bahasa utama. ini tak bisa kamu elakkan dalam duniamu. kedua anakku kamu juga harus bisa dalam satu bahasa asing lagi minimal yaitu china atau india atau rusia diamana komunitas penduduknya cukup banyak. selain itu kamu mesti latih otakmu dengan pelajaran matematikamu. dengan matematika ini kamu akan mengerti pola hidup yang mesti engkau jalani. di bidang ini akan kamu temui bahwa dalam hidup harus dicapai dengan urutan dan kronologis yang teratur. sistematis. dari sini juga kamu bisa mengerti kenapa kita juga harus bicara dengan runut dan teratur. keteraturan bicara akan mudah di cerna oleh para pendengar. kalau kamu ngga bisa latihlah dirimu belajar bicara teratur. banyak orang di negeri ini menghilang dalam kedudukan karena ngga bisa bicara di depan umum. anakku kau juga harus bisa memainkan alat musik sebagai bekal hidupmu. kamu akan mengerti di kemudian hari makna musik bagi kamu. keindahannya akan mempegaruhi halusnya budi pekerti kamu.

agama adalah hal yang vital bagi kamu. tidak boleh tidak. kamu mesti memahami ini. ini jadi semacam pemaksaan kepadamu. kamu akan mengerti nanti. saya ngga bakal menceritakan sekarang. saya pengen bicara secara pribadi saja tentang ini.

olahraga sangat penting bagi kamu, kalau kamu bisa prof dalam salah satu cabang olahraga ayah akan suport kamu terus. di dunia ini indonesia banyak ketinggalan. ke depan ini menjadi tumpuan hidup yang bisa dijanjikan.

anakku banyak bermimpilah. bermimpilah setinggi yang bisa kau capai. galilah imajinasimu. hal yang juga sangat menentukkan dalam hidupmu.

jangan pernah kamu membedakan dia itu apa. jangan sekali-kali kau membedakan mereka dari agama, ras, keturunan, bangsa dls yang bisa dibedakan.

tersenyumlah pada semua orang, maka dunia akan tersenyum.

itu saja anakku. berjalanlah ke depan.

salam

ayah yang selalu menyayangimu

Iklan

Tentang zaidanzidna

learn together
Pos ini dipublikasikan di diary. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s