jakarta book fair 2007

setelah sekian hari tertunda, akhirnya hari ini saya dapat menyempatkan diri mengunjungi stand book fair di istora senayan. lumayan cape dibuatnya kakiku. mengelilingi hampir seluruh stand pameran yang ada. kecuali yang bagian tengah pinggir saya ngga sambangi. 2 jam waktu yang telah kuhabiskan untuk mengunjungi area tersebut.

dominasi penerbit grup gramedia menyambutku di pintu utama kedatangan. terus berbelok ke kiri menyusuri stand yang ada dipinggiran. buku-buku bernuansa islam banyak berserakan dengan aneka penerbit. disusul penerbit umum dan penerbit kristen.

selain buku juga ada juga stand yang menjual permainan edukasi bagi anak-anak. rata-rata penerbit memberikan diskon untuk buku-buku yang dipamerkan. mulai dari 10 % sampai dengan 50%. memang ada juga sih yang nyampe 70%, tapi saya ngga sempat lihat. yang memang biasanya buku lama dan dianggap buku kurang laris. beberapa rak menawarkan buku obral dengan harga 10 rb sampai 20 rb perak.

suasana sejuk mengurangi kepenatanku di dalam memilih buku mana yang aku suka. dalam perjalanan keliling ada si bule yang mungkin kurang puas dengan pameran ini, tentang kualitas buku yang dipamerkan mungkin. dia bilang apa lagi yang mesti saya kunjungi atau adakah yang mesti saya lihat lagi. dalam hatiku ya begitulah pameran di indonesia. tidak memberikan sesuatu yang baru tetapi hanya berjualan dengan memberikan sedikit diskon.

diskon yang biasanya ia berikan ke toko buku, kini sebagian diberikan ke customer langsung. kalo kita mau kunjungi tempat-tempat penjualan buku tradisional seperti di salemba, senen atau di palasari bandung kita juga akan mendapatkan diskon yang sama atau bahkan lebih dibandingkan yang ditawarkan penerbit di pameran ini.

tentu saja keunggulan pameran ini terletak pada banyaknya penerbit yang ikut. jadi kita bisa mencari buku-buku karangan penerbit di suatu stand. emang ada baiknya kalau kita mau menghemat waktu kita sebelumnya menentukan dulu buku apa yang hendak kita cari dan tentu saja siapa penerbitnya. hal ini akan banyak menghemat waktu dari pada kita meraba-raba semua stand.

desain tata letak stand yang mungkin ngga beraturan mengurangi kenyamanan selama berada di sini. mungkin ke depan perlu ada semacam konsultan untuk membantu penempatan letak stand sehingga dapat dinikmati oleh para pengunjung.

saya menyarankan sebelum menjelajahi semua stand ada baiknya anda memperoleh buku panduan pesta buku jakarta 2007 yang diterbitkan oleh ikapi. di dalam buku itu terdapat denah stand, susunan acaran dan daftar peserta. tidak seperti saya yang mendapatkan buku itu di akhir, ketika hendak pulang.

selama dua jam saya berkeliling saya mendapatkan delapan buku:

  1. Melawan melalui lelucon, kumpulan kolom abdurahman wahid di tempo
  2. Tafsir Sejarah Nagara Kretagama, Prof. Dr. Slamet Muljana
  3.  Babad Tanah Jawi Buku I sampai dengan VI, penerbit lontar sebuah buku serial yang mengungkapkan tentang mitologi, legenda, folklor, dan kisah raja-raja jawa.

semua buku itu harus aku peroleh dengan merogoh kocek sebesar Rp 400 rb pas. dilihat dari isi bukunya saya ngga menyesal membeli buku ini.

sebenarnya masih ada yang aku pengen beli tapi karena dompet tinggal menyisakan 2 lembar saja mendingan aku tahan dulu, terutama rangkaian karya Prof. Dr Slamet Muljana.

ya udah lain kali aja.

Iklan

Tentang zaidanzidna

learn together
Pos ini dipublikasikan di jakarta. Tandai permalink.

Satu Balasan ke jakarta book fair 2007

  1. zaidanzidna berkata:

    ayo kunjungi mumpung belum tutup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s