hari lingkungan hidup

memperingati hari lingkungan hidup bersama para pedagang, penyapu jalanan, cleaning service, loper koran dan anak sekolah. entah karena terpaksa atau tidak misalnya karena mereka ngga punya motor atau apalagi mobil, merekalah yang ikut menjaga jakarta dari semakin hitamnya udara jakarta. mereka mengayuh sepeda seperti saya melakukan aktivitas kesehariannya. saya berusaha menggunakan sepeda kalau itu jaraknya dekat. mengapa kita tidak mau menjaga jakarta kita.

jakarta di pagi hari, memandang ke atas bibir langit akan tampak sekali begitu pekatnya asap kendaraan, menghitam menghalangi pandangan ke wilayah jakarta. hal itu terjadi pada hari yang cerah susah sekali melihat jakarta bersih di sepagi ini. maklum jakarta mulai hidup dan ramai mulai pukul 5 pagi.

saya pikir harus ada perombakan yang sangat radikal untuk merubah jakarta sebagai kota yang nyaman. misalnya membatasi jumlah mobil yang lalu lalang di ibukota. maksimal umur 10 tahun. atau melarang sama sekali pengendara sepeda motor biar ngga semrawut ibukota ini. juga yang mungkin sangat fundamental adalah memindahkan administrasi pemerintahan ini dari jakarta misalnya yang dulu pernah di wacanakan ke jonggol. mencontoh malaysia yang lebih dulu merealisasikan putra jaya sebagai ibukota pemerintahan. dan sukses.

tidak perlu acara seremonial yang cenderung bersifat sementara.

Iklan

Tentang zaidanzidna

learn together
Pos ini dipublikasikan di b2w. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s