rame-rame melanggar rambu

ketika berhenti di lampu merah tpu karet bivak di jumat pagi ini, saya menyaksikan segerombolan sepeda motor yah kurang lebih 20 spd motor secara bersama-sama melanggar rambu lalu lintas dari arah penjernihan menuju sudirman. pengendara yang melaju pada saat lampu hijau membunyikan klakson dengan kencang mungki kesal jalannya terhambat.

menit berikutnya giliran dari arahku menuju jalan mas masyur menyerobot dengan seenaknya sekitar 6-7 mobil. pengendara dari arah penjernihan giliran yang marah-marah. satu bajaj dengan sengaja hendak menabrakan ke sebuah mobil sambil marah marah.

saya tersenyum menyaksikan tingkah pola pengendara di ibukota ini. tidak sabar menunggu waktu sekitar 2-3 menit. membahayakan diri. mungkin dia tahu di sebelahnya adalah tpu karet bivak. apa ngga sabar pengen ke sana. yah sebenarnya ada sebagian pengendara merasa terhormat dengan meninggalkan teman-temanya yang patuh pada peraturan tertinggal di belakang. dia merasa paling berani dan menguasai jalanan. mungkin juga termasuk punya nyawa cadangan. atau juga mungki premi asuransi yang telah ia bayarkan selama ini ngga pernah  di klaim.

kalo ngeliat gejala awalnya sih dari orang-orang yang ngga berpendidikan dengan baik seperti tukang ojek dan sekelasnya. namun belakangan juga diikuti oleh para karyawan dan mahasisiwa yang notabene lebih melek hukum.

yah itulah jakarta dengan tingkat urbanisasi penduduk yang tinggi. para urban yang merasa aneh yang berfikir jalan ko harus ada lampu merahnya. yang dikampungnya sono hal ini tidak pernah ditemui. tidak ada rambu lalu lintas di kampungnya yang penting lihat kiri-kanan , merasa aman melaju.

apa mesti pemda dki memulangkan semua para urban ini, sehingga jakarta menjadi lebih tertib. mungkin juga jakarta menjadi lebih bersih karena mereka inilah yang mempunyai kebiasaan membuang sampah di sungai dan di semua tempat yang dia mau.

mari jaga jakarta ini.

Iklan

Tentang zaidanzidna

learn together
Pos ini dipublikasikan di jakarta. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s